“Menyegarkan” BB [tips/tutorial]


Kalau sudah berhasil memiliki BB, maka yang sering menjadi kegiatan rutin para mania BB adalah melakukan reset terhadap perangkat BB. Dikenal ada dua macam reset BB, yaitu soft reset dan hard reset.

Soft reset dilakukan bila kita ingin membersihkan device log atau menutup aplikasi internal yang kita anggap menyerap memory internal. Dengan melakukan soft reset ini, maka diharapkan BB kita bisa lebih segar lagi untuk melakukan perintah-perintah kita.

Meski demikian, kadang-kadang soft reset ini tidak membuat kita merasa BB kita sudah berlari kencang, sehingga kitapun perlu melakukan hard reset.

Pada proses hard reset ini, maka pengembalian memory biasanya bisa maksimal.

Hard reset ini juga sangat manjur untuk menyelesaikan masalah koneksi BIS yang tiba-tiba tidak berfungsi dengan baik. Begitu selesai hard reset, maka BB akan melakukan registrasi ulang layanan BIS, sehingga masalah-masalah yang tadinya mengganggu, biasanya akan kembali normal.

Soft reset dilakukan dengan cara menekan Alt + CapsLock kanan + Del secara bersamaan, sedangkan hard reset dilakukan dengan mencopot baterai saat device masih dalam keadaan hidup.

Silahkan dibandingkan, status BB sebelum dan sesudah reset.

Sebelum reset

Sebelum reset

Terlihat tampilan BB sebelum dilakukan reset.

Tampilan status setelah reset

Tampilan status setelah reset

Tampilan status setelah reset, terlihat BB lebih segar dibanding sebelum reset.

Pada kasus hard reset, maka biasanya akan muncul pertanyaan untuk edit date dan time, seperti terlihat pada tampilan di bawah ini.

Tampilan sesudah hard reset

Tampilan sesudah hard reset

Jadi silahkan pilih mau yang soft reset atau yang hard reset. Soft reset adalah tindakan yang mudah dan simple, sedangkan hard reset cukup merepotkan karena harus melepas baterai.

Lalu kalau pingin hard reset tetapi males mencopot baterai, apa yang harus dilakukan?

Silahkan coba masuk ke http://www.steelthorn.com/

Ini iklannya :

QuickPull™ is a FREE tool that frees memory quickly by simulating a “battery pull” soft reset. QuickPull™ is extremely easy and convenient to use. Compatible with almost all BlackBerry® devices, including the Storm™!

Silahkan buka situs itu dari BB anda.

Selamat mencoba.

+++

Artikel [tidak] terkait
Biarkan BB berlari kencang
BBM versi 5
Tips beli BB

4 komentar

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.